English | Indonesia
Login
Media Indonesia, No. 11791 Tahun XLIV, Minggu 21 Juli 2013, Hal. 22
KICK ANDY. Muda dan Berjaya. Di usia belasan tahun, mereka terpacu memberikan yang terbaik bagi diri dan sekitar. Anak-anak muda ini layak jadi sumber inspirasi.

ADELINE TIFFANIE SUWANA. Dari Banjir, Beroleh Pengalaman Global.

Adeline Tiffanie Suwana baru menginjak 16 tahun. Ia berinteraksi dengan pergaulan global berkat kepeduliannya pada lingkungan hidup.

Awalnya, pada 2007, rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, terendam banjur. Adeline terpaksa mengungsi. Saat itu usianya baru 10 tahun, tapi ia terpacu mencari tahu penyebab banjir.

Persoalan sampah, perubahan iklim, dan pemanasan global menjadi jawaban dalam proses pencariannya. Ia lantas mengajak teman-temannya beraksi.

Awalnya, ia mengajak menanam pohon bakau di kawasan Jakarta Utara. Satu tahun berjalan, Adeline pun menginisiasi pembentukan komunitas Sahabat Alam.

"Anggotanya mulai dari TK hingga perguruan tinggi, mayoritas sih SMP dan SMA. Kegiatannya banyak, menanam pohon, penggunaan sepeda, hingga mengadakan seminar di sekolah," tutur Adeline.

Upaya alumnus SMAK1 Penabur Jakarta itu dalam mengampanyekan, mengedukasi, dan mengajak langsung generasi muda untuk melakukan aksi nyata berbuah penghargaan Internasional Young Eco Hero pada 2009. Penghargaan yang diberikan Action for Nature yang berbasis di San Francisco, AS, tersebut menyasar anak 8-16 tahun yang melakukan aksi nyata buat lingkungan.

Adeline pun kerap menghadiri konferensi nasional yang membahas isu lingkungan. Bukan hanya sebagai peserta, ia pun sering kali hadir sebagai pembicara seperti pada the 3rd Internasional Greentech & Eco Products Exhibition & Conference di Kuala Lumpur.

Gaya bicaranya yang tenang dengan bahasa Inggris yang baik juga menjadi modalnya.

Bukan cuma soal isu lingkungan, Adeline pun rajin mengikuti berbagai kompetisi, termasuk dalam pelajaran matematika.

Tak cuma itu, Adeline membukukan prestasi pada lomba renang hingga futsal.

"Semoga semakin banyak lagi generasi muda yang peduli pada lingkungan. Kalau ditanya cita-cita, saya ingin jadi penulis buku atau novel," ujar perempuan muda yang baru saja diterima di Univeristas Indonesia itu. (WU/M-3)

Siti Retno Wulandari 

  


Copyright © 2018 Sahabat Alam. All Rights Reserved.