English | Indonesia
Login
Berani, Mencerdaskan Anak Bangsa, Edisi 6-12 Oktober 2014/Tahun VIII/No. 39
SAATNYA GENERASI MUDA MENJADI SAHABAT ALAM. Lingkungan hidup merupakan warisan berharga bagi generasi penerus bangsa. Itu sebanya, Adeline Tiffanie Suwana (17 tahun) berinisiatif membentuk komunitas pencinta lingkungan hidup. Namanya, Sahabat Alam. Komunitas ini bertujuan menanamkan rasa sayang dan sikap peduli lingkungan pada anak-anak dan remaja.

Pengalaman menjadi korban banjir membuat Adeline sangat peduli terhadap lingkungan. Sebab, tempat tinggalnya di Jakarta Utara berulang kali terendam banjir. "Suatu ketika terjadi banjir sampai setinggi pinggang saya. Kami pun terpaksa harus mengungsi," ujarnya kepada BERANI, beberap awaktu lalu.

Kejadian pada tahun 2008 tersebut membuat Adeline banyak mencari tahu tentang penyeba banjir dan cara mencegahnya. Akhirnya, ia mendapat informasi tentang pohon bakau dan manfaatnya dalam mencegah banjir. Adeline yang kala itu baru lulus SD lalu mengajak anak-anak lain untuk mengenal pohon bakau. Ia dan teman-teman juga melakukan kegiatan menanam bakau. Kegiatan yang diikuti anak-anak TK-SMA inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Sahabat Alam.

TERUS BERKARYA

Selama enam tahun terbentuk, Sahabat Alam sudah melakukan lebih dari 100 kegiatan. Mulai dari kegiatan sederhana seperti bersepeda dan mendaur ualang sampah. Ada pula kegiatan berskala besar seperti konservasi penyu sisik dan terumbu karang, ekspedisi taman nasional dan penanaman pohon. Juga, pengembangan turbin air pembangkit tenaga listrik, pembersihan pesisir pantai, dan sebagainya.

Kegiatan Sahabat Alam terbuka untuk seluruh generasi muda, baik yang duduk di bangku SD hingga kuliah. Bahkan anak TK pun bisa ikut serta dalam kegiatan daur ulang yang dapat diikuti semua jenjang umur.

ANEKA PENGHARGAAN

Meski sempat mengalami kendala dana saat mulai menggerakkan Sahabat Alam, tetapi hal itu dapat teratasi. Berkat inisiatif dan rasa sukarela para peserta, Sahabat Alam bisa terus berkarya. Saat ini Sahabat Alam juga mendapat banyak dukungan dari lembaga swadaya masyarakat, organisasi dan lembaga pemerintah.

Sebagai pelopor Sahabat Alam, Adeline banyak mendapat pengharggan. Di antaranya, Kick Andy Young Heroes (2014), International Diana Award (2013), dan Indonesia Green Awards (2013). "Seluruh penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Sahabat Alam. Juga, sebagai bukti bahwa generasi muda dapat melakukan perubahan untuk membangun masa depan dan lingkungan yan lebih baik," jelas Adeline. Ia pun berharap dapat mengajak seluruh anak Indonesia untuk melakukan kegiatan peduli lingkungan..

Liputan: Ita

 

  


Copyright © 2017 Sahabat Alam. All Rights Reserved.